Renungan Harian
Selasa, 11 Jun 2024

Kuasa Kasih

Baca : I Yohanes 2:7-17


“Barangsiapa berkata, bahwa ia berada di dalam terang, tetapi ia membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan sampai sekarang.” (I Yohanes 2:9)

Tidak gampang mengasihi orang yang telah merugikan kita, bukan? Namun, hal ini tidak berlaku bagi Angela Montez. Seorang perempuan penjaga toko yang penuh dengan kasih. Sebuah kisah yang saya kutip dari blog Oprah Winfrey ini begitu menyentuh hati. Diceritakan seorang perampok mendatangi tokonya dan menodongkan pistol tepat di kepala Angela. Seketika Angela berkata kepada perampok itu untuk tidak menyia-nyiakan hidup dan mengajaknya untuk mulai berdoa. Tidak terduga, perampok itupun berlutut  dan berdoa bersama Angela selama 10 menit. Bahkan mereka berdua berpelukan, sebelum sang perampok melarikan diri. Demikian salah satu penggalan doa Angela, “Yesus, tolong jamahlah dia. Biarkan dia tahu bahwa dirinya adalah pribadi yang baik. Dia harus tahu bahwa dirinya terlalu berharga untuk melakukan hal serendah ini.” Doa yang penuh dengan kasih inilah yang kemudian mengubahkan sang perampok.

            Ada banyak orang hidupnya berubah karena kasih telah menyentuh hidupnya. Pesan firman Tuhan hari ini, kembali megingatkan kita untuk mengasihi sesama kita. Bagi Tuhan, kasih adalah yang terutama. Untuk membuktikan bahwa kita orang-orang percaya yang hidup di dalam terang adalah kasih. Alkitab tidak berkata bahwa bukti hidup di dalam terang menunjukkan sebuah kuasa mukjizat, melainkan bukti kasih yang nyata (I Yohanes 2:9).

            Bagaimana dengan hidup Anda? Masihkah pola hidup yang penuh dengan kasih itu mewarnai hidup Anda? Ataukah kebencian dan kepentingan sendiri yang mendominasi hidup Anda? Kiranya firman Tuhan hari ini semakin menyadarkan kita sebagai orang-orang percaya, bahwa kasih berkuasa untuk memulihkan. SP


TIDAK ADA KUASA YANG MAMPU MENGUBAHKAN DENGAN CEPAT, KECUALI KASIH