Renungan Harian
Selasa, 02 Jul 2024

Tetap Dekat Tuhan

Baca : Mazmur 130:1-8


“Jiwaku mengharapkan Tuhan lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi, lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi.” (Mazmur 130:6)

Bahagia dan dukacita, adalah dua situasi dan keadaan yang sama sekali berbeda. Jika kita ditawarkan dua hal ini, kemudian kita disuruh memilih, tentu bahagialah yang akan kita pilih. Kita tahu bahwa kecenderungan manusia ingin mengalami hal-hal yang baik-baik saja. Tetapi persoalannya adalah, apakah yang terjadi di dalam realita hidup kita hanya yang baik-baik saja yang kita alami? Tidak bukan? Sampai kapan pun kebahagiaan dan dukacita akan terus mengiring sepanjang jalan hidup kita. Ada saatnya kita mengalami kebahagiaan, tetapi tidak jarang Tuhan juga mengijinkan kesusahan menimpa hidup kita.

Oleh sebab itu, perikop kita hari ini mengajarkan dan bahkan mengingatkan agar kita tetap berharap kepada Tuhan, ketika sesuatu yang buruk menimpa hidup kita. Pemazmur di dalam pergumulannya berkata bahwa ia menanti-nantikan Tuhan dan Firman-Nya (Mazmur 130:5). Keyakinan akan pertolongan Tuhan ia gambarkan seperti seorang pengawal yang mengharapkan pagi (Mazmur 130:6). Artinya pemazmur percaya bahwa ketika ia harus berjalan di dalam kegelapan, pasti pagi akan datang. Seolah-olah ia sedang berkata memang saat itu persoalan datang, tetapi tidak selama-lamanya masalah itu menimpa hidupnya, pasti akan ada waktunya ia akan mengalami kelegaan.

Sahabat Gandoem Mas, mari belajar untuk menyakinkan diri kita, bahwa apa yang sedang kita alami saat ini, baik ataupun buruk pasti akan berakhir. Hidup kita terus berjalan dan tentunya akan banyak hal yang akan terjadi di dalam hidup kita, bahkan yang buruk sekalipun. Oleh sebab itu, baik ketika bahagia maupun ketika berduka, mari tetap dekat dengan Tuhan. SP


AKU DUNGU DAN TIDAK MENGERTI, SEPERTI HEWAN AKU DI DEKAT-MU. MAZMUR 73:22