Renungan Harian
Rabu, 03 Jul 2024

Mata

Baca : Matius 6:19-24


“Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu.” (Matius 6:22)

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang penting karena membantu penglihatan seseorang. Jika ada ancaman, pasti mata mendapat perlindungan yang prioritas. Tidak sedikit buku-buku maupun artikel-artikel di internet memberikan informasi agar mata tetap sehat dan tetap terlindungi dan terbebas dari kerusakan maupun penyakit. Menurut para ahli proses penglihatan sehingga sampai ke otak tidaklah sesederhana yang kita tahu. Diperlukan kerjasama dari beberapa bagian mata dalam menghasilkan gambar yang nantinya akan dikirim ke otak. Maka mata merupakan organ penentu yang dapat mempengaruhi otak kita, yang nantinya juga dapat mempengaruhi tindakan kita.

Oleh karena itu, Alkitab memperingatkan, mata adalah pelita hidup. Demikian kata Yesus dalam Matius 6:22. Mata dianggap asal-muasal dan pangkal dari hal-hal yang baik, tapi juga asal-muasal perkara-perkara yang jahat. Tidak heran jika orang Jawa mempunyai kepercayaan, bahwa wanita hamil sebaiknya melihat pemandangan yang baik-baik dan indah-indah saja. Mesti dihindarkan dari melihat hal-hal yang jelek dan hal-hal yang menakutkan. Mungkin, kepercayaan tersebut banyak benarnya. Dari mata, kita bisa bersyukur atas kebaikan Allah. Mesti demikian, harus diakui banyak juga dosa dimulai dari mata.

Sahabat Gandoem Mas, kesimpulan dari renungan kita hari ini adalah, apa yang kita lihat bisa sangat mempengaruhi pikiran dan tindakan kita. Oleh karena itulah, merupakan suatu kewajiban bagi setiap kita, sebagai anak-anak Tuhan untuk menjaga mata. Bagaimana dengan Anda? Mari melihat orang bukan kekurangannya, lihat kelebihannya. Mari lihat apa yang patut untuk disyukuri bukan untuk dikutuki. Kiranya Tuhan menolong kita. SP


MENJAGA HATI YANG BERSIH DI MULAI DENGAN MENJAGA MATA ANDA