Renungan Harian
Rabu, 17 Jul 2024

Dituntun Kepada Kebenaran

Baca : Yohanes 16:12-15


“Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.” (Kejadian 6:22)

Sewaktu saya duduk dibangku kuliah, saya sempat protes dengan salah satu dosen yang telah memberikan nilai pada ujian saya dengan kurang tepat. Pasalnya, saya sudah memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan dari soal yang diberikan. Setelah diteliti kembali jawaban-jawaban ujian saya dan kemudian dicocokkan dengan diktat memang sudah sesuai jika dilihat dari sisi maksud dan artinya. Tetapi jika di lihat dari ketepatan kata-kata, titik dan koma, saya kurang tepat. Ternyata dosen saya menuntut sebuah jawaban yang tepat dan sama persis seperti di diktat kuliah. Jika terbukti ada yang kurang tepat, maka akan mempengaruhi nilai ujian.

            Pengalaman tersebut mengingatkan saya kepada Nuh. Ketika Tuhan memberi tugas kepada Nuh untuk membuat sebuah bahtera. Nuh melakukannya dengan tepat. Kalau Anda membaca kisahnya, Tuhan memberikan ukuran-ukuran serta bahan-bahan yang dipakai untuk membuat bahtera, Alkitab berkata Nuh telah melakukannya dengan tepat (Kejadian 6:9-22). Tentu Nuh berhasil bukan karena kemampuannya, tetapi karena penyertaan Tuhan. Inilah yang Tuhan inginkan, melakukan perintah-Nya dengan tepat. Bukan sekedar melakukan hal yang baik, tetapi yang benar. Melakukan sesuatu yang tepat bukan berbicara soal yang baik atau yang tidak baik, melainan soal hal yang benar.

            Rindukah Anda melakukan perintah Tuhan dengan tepat seperti Nuh? Tentu kita semua merindukannya. Yesus berkata hanya dengan pertolongan Roh Kuduslah kita mampu melakukan hal yang benar. Karena Roh Kudus yang akan menuntun kita kepada seluruh kebenaran Allah. SP


TUHAN MENUNTUT KITA UNTUK MELAKUKAN HAL YANG BENAR