Renungan Harian
Rabu, 02 Oct 2024

Hanya Berserah Saja

Baca : Ayub 33:1-33


“Karena Allah berfirman dengan satu dua cara, tetapi orang tidak memperhatikannya.” (Ayub 33:14)

Dr. Ang Peng Tiam, adalah seorang dokter yang cinta Tuhan dan ahli dalam penyakit kanker. Dr. Ang menceritakan pengalamannya dalam sebuah buku yang diberi judul “Dokter Tolong,.. Saya Kena Kanker.” Hingga buku “Dokter Tolong,.. Saya Kena Kanker” ini diterbitkan, dia sudah menanggani lebih dari 7000 pasien, sejak ia memulai buka kliniknya pada tahun 1997. Dalam bukunya, ia menceritakan dari sekian banyak pasien-pasien yang ditanganinya, ia menemukan sikap-sikap atau respon yang beragam dari pasien yang sedang terserang kanker. Dari pengamatannya tersebut, kemudian Dr. Ang Peng menyimpulkan demikian, “Saya telah mengamati perbedaan dalam pemulihan antara para ateis dengan kaum beriman. Saya berpendapat bahwa kepercayaan pada Tuhan menolong orang untuk mengatasi kankernya. Kalau kita dihadapkan kepada ketidakpastian bagaimana suatu penyakit akan berkembang, mereka yang memiliki iman yang tebal kepada Tuhan dapat menanganinya lebih baik. Mereka cenderung menerima kanker mereka sambil percaya kepada Tuhan.”

            Dari pengalam Dr. Ang kita dapat mengerti bahwa dalam pergumulan seseorang ketika menghadapi sakit penyakit, tidak semua dari mereka yang dapat menerima hal tersebut sebagai bagian dari rencana Tuhan. Perikop kita hari ini begitu jelas membuka hati dan pikiran kita. Alkitab berkata bahwa Tuhan itu berbicara dalam banyak hal, termasuk diantaranya adalah melalui masalah. Ayat 19 berkata, “Dengan penderitaan ia ditegur,…”

            Anda menghadapi masalah hari-hari ini? Anda hanya perlu sikap berserah saja, sekaligus percaya bahwa Tuhan mempunyai rencana untuk hidup Anda. Majulah terus, Imanuel! SP


ANDAI SAJA KITA MAU BERSERAH KEPADA TUHAN, PADAHAL SEMUANYA MENDATANGKAN KEBAIKAN