Renungan Harian
Rabu, 16 Oct 2024

Damai Sejahtera Sejati

Baca : Roma 5:1-11


“Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.” (Roma 5:1)

Seringkali kita kesal dan marah, ketika apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Jika perasaan itu seringkali muncul dalam hidup kita, maka suasana hati kita ditentukan apa yang ada diluar hati kita. Contoh, dalam pengalaman saya membeli buku, tidak semua pelayan toko ramah. Kadang ada yang menjengkelkan yang membuat perasaan saya tersingung. Menurut saya, seharusnya adanya pembeli membuat penjual tersebut senang. Tapi yang terjadi tidaklah demikian. Dia melayani dengan buruk, tidak sopan, dan dengan muka cemberut. Untuk menunjukkan rasa kesal, kadang saya pun tergoda bersikap tidak ramah juga. Tetapi itu adalah pilihan sikap yang sangat buruk. Saya tersadar ketika timbul perkataan dalam hati, “Mengapa aku harus mengizinkan dia menentukan caraku dalam bertindak?” “Mengapa aku harus mengizinkan dia merebut damai sejahteraku?”

            Firman Tuhan hari ini begitu jelas mengatakan bahwa kita sebagai orang benar mempunyai damai sejahtera oleh karena Yesus Kristus. Bahkan dalam ayat-ayat selanjutnya dikatakan dalam kesengsaraan pun seharusnya kita tetap bermegah di dalam Tuhan (Roma 5:3). Kepada orang percaya di Roma, Paulus sedang menasihati bahwa keselamatan dari Yesus itu lebih dari cukup untuk alasan mengalamai damai sejahtera. Bahkan dalam situasi yang tidak baik pun, selama Yesus yang menjadi sumber pengharapan, maka damai sejahtera itu tidak pernah hilang dalam hidup orang percaya yang sudah dibenarkan oleh kematian Kristus.

            Hari-hari ini Anda sedang kehilangan damai sejahtera? Ingatlah, bahwa Tuhan Yesus harus menjadi dasar sukacita Anda. Jangan biarkan persoalan hidup mencuri damai sejahtera Anda. SP


MILIKILAH IMAN KEPADA TUHAN YESUS, MAKA ANDA AKAN MENGALAMI DAMAI SEJAHTERA