Renungan Harian
Kamis, 17 Oct 2024

Panggilan Melayani

Baca : Yohanes 3:22-36


“Seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.” (Lukas 3:4)

Beberapa tahun yang lalu, sekitar tahun 2008, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi suatu tempat di kota Jonggol yang masih bagian daerah dari Bogor, Jawa Barat. Menurut berita yang saya dengar dari beberapa teman, keperluan orang nomer satu se-Indonesia itu adalah untuk meresmikan suatu komplek perumahan baru. Setiap jalan yang akan dilalui oleh rombongan Presiden cukup lenggang. Bahkan jalan-jalan yang biasanya dipadati kendaraan menjadi sepi. Pasalnya, aparat kepolisian sudah mempersiapkan jalan sedemikian rupa, agar perjalanan Presiden menuju tempat acara lancar. Meskipun begitu, orang tidak akan pernah ingat bahwa aparat kepolisianlah yang membuat rencana Presiden berjalan dengan baik, masyarakat hanya tahu Presiden SBY berkunjung ke Jonggol.

            Kelahiran Tuhan Yesus, tentu tidak dapat dipisah dengan Yohanes Pembaptis. Ketika Natal tiba, tokoh Yohanes Pembaptis pasti menjadi salah satu tema-tema khotbah yang sering kita dengar. Yohanes Pembaptis mempunyai tugas untuk mempersiapkan kedatangan Tuhan Yesus. Yohanes menyampaikan pesan tentang kedatangan Yesus. Ia sadar, bahwa yang ia beritakan lebih besar daripada dirinya. Yohanes berkata kepada murid-muridnya, “Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.” (Yohanes 3:30).

            Seperti halnya aparat kepolisian dan Yohanes Pembaptis di atas, itulah peran kita. Orang tidak harus tahu pelayanan kita. Kita juga tidak harus memerlukan penghargaan orang lain. Jika Anda mengerti panggilan melayani, maka Anda tidak perlu pujian manusia, karena kita semua melayani Tuhan Yesus. SP


NATAL MENGINGATKAN TENTANG DASAR PELAYANAN KRISTIANI, YAITU SUPAYA NAMA TUHAN DI TINGGIKAN