Renungan Harian
Selasa, 22 Oct 2024

Rela Hati

Baca : Matius 11:25-30


“Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan." (Matius 11:30)

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat penyapu di jalan-jalan raya? Tahukah Anda, jam 05.00 pagi mereka sudah mulai bekerja. Bahkan disiang hari yang panas, mereka pun masih terus membersihkan jalan. Anda kasihan melihatnya? Mungkin bagi mereka, hal itu menyenangkan. Dalam lingkungan kita bekerja maupun dalam pelayanan, seringkali kita juga melihat hal yang sama. Kita merasa kasihan melihat office boy, kita merasa iba melihat koster gereja. Belum tentu pekerjaan itu menjadi beban bagi mereka, justru dibanyak tempat saya melihat mereka dengan sukacita dan kadang dengan canda mengerjakan pekerjaan tersebut tanpa mengurangi hasil pekerjaan yang baik.

Yesus memberi perintah kepada para pengikut-Nya, yaitu untuk memikul salib. Padahal, Yesus mengundang mereka yang yang letih lesu dan berbeban berat. Bukankah seharusnya beban itu yang Tuhan angkat? Justru, sebaliknya yang Tuhan tawarkan, yaitu memikul kuk. Bukankah beban itu menjadi bertambah? Namun Tuhan menjelaskan bahwa kuk yang kita pikul itu enak. Apa yang membuat kuk itu enak? Karena kuk itu kita pikul bersama Tuhan Yesus.

Jika kita mengerjakan pekerjaan dengan rela hati, kita sedang melakukannya bukan dengan tekanan. Mungkin apa yang kita kerjakan orang lain melihat begitu berat dan tidak menyenangkan, tetapi bagi kita yang menjalaninya dengan rela hati itu menyenangkan. Jika hari-hari ini Anda merasa tertekan dengan pekerjaan Anda, periksa hati, jangan-jangan Anda tidak dengan rela hati mengerjakannya. Ingat, beban Anda ringan, karena Anda mengerjakannya bersama dengan Tuhan Yesus. SP


RESPONS HATI KITA MENENTUKAN APAKAH KITA ORANG YANG BEBAS ATAU TIDAK